Monday, January 13, 2014

Cara Pemeliharaan hewan kesayangan Bearded Dragon anda






Bearded Dragon adalah hewan asli dari Australia, sekarang sudah banyak diternakkan di berbagai negara. Bearded dragon (BD) hidup di daerah kering, berbatu, kawasan semi-gurun, dan hutan terbuka (yg penuh semak-semak). Sebenarnya BD adalah jagoan manjat, suka nongkrong di ranting dan semak-semak, bahkan kadang2 juga ditemukan dipagar rumah, kalo daerah perumahan tersebut dekat dengan habitat mereka. Selain tempat2 diatas, BD juga suka berjemur di atas batu2 besar dan kecil (disesuaikan ukuran tubuh kali ya?) di pagi dan sore hari (perlu vitamin D). 

Bearded Dragon adalah jenis kadal omnivora, makannya buanyak, dan beraneka ragam! Mulai dari golongan hewan tak bertulang belakang, sampai hewan bertulang belakang ukuran mini alias kecil. Selain itu BD juga makan sayuran hijau, buah dan bunga! (laper apa doyan Mas?). Kalo siang, kadal ini suka mengubur dirinya di bawah pasir sambil nunggu datangnya malam...(ini d habitat aslinya looh..di gurun pasir maksudnya)

Bentuk kepala BD seperti mata anak panah yg tumpul, standard bentuk kadal dari golongan Agamids. Kulit sisik di sekitar leher BD menyerupai tanduk kecil dan runcing. Tanduk2 kecil ini juga ditemui di sepanjang badan samping BD. Kalo dia merasa ter-ancam, maka BD akan menunjukkan pose begini: badan ceper, supaya keliatan lebar dan serem!, dan yg paling cool adalah..tanduk2 kecil yg seperti jenggot itu akan terbuka seperti naga, supaya mush lebih takut..jenggot ini akan berubah warna menjadi hitam! Makanya nama Indonesia-nya adalah naga berjenggot !

Bearded Dragon tergolong hewan yg suka bersosialisasi, jadi?usahakan sering diajak bermain atau d piara lebih dari satu dalam satu kandang dengan lingkungan kandang yg kondusif. Kalo mereka merasa nyaman di terariumnya maka dia kan berhenti ber-pose serem seperti diatas. Gerakan atau pose yg sering dilakukan oleh BD yg masih baby adalah melmbaikan tangan seperti kalo kita lg pamitan trus bilang ?Daaah??, katanya sih ini menunjukkan kalo dia gak mau berperang melawan siapapun. PEACE OUT YO ! Selain itu, BD juga suka nge-cek lingkungannya dengan menjilat daerah sekitarnya, biasanya kalo baru di pindah dari kandang ke lantai dia akan menjilat lantai itu..test temperature ?kali ya?

Masa reproduktif dimulai pada usia satu atau dua tahum. Selama musim kawin, jenggot BD jantan dewasa akan berubah hitam. Menentukan sex BD biasanya setelah lewat usia 10 bulan, dengan melihat cloaka-nya. Betina bisa bertelur sampai dengan 16 butir di awal musim panas (di habitat aslinya). Biasanya induk akan mengubur telur di pasir yg di gali landai. Bayi BD akan lahir dengan berat badan 2,1 gram, biasanya bergaris, dan ada lingkaran oranye di sekitar mata, motif ini akan memudar sejalan dengan waktu.

Terrarium
Meskipun ukurannya tidak terlalu besar (sekitar 30-50cm maksimum), BD perlu ruang yg luas untuk tempat tinggalnya. BD dewasa senang memakan hewan-hewan kecil apa saja yg bergerak, BD bayi harus dipisahkan dari yang ABG (remaja) dan dewasa. BD jantan bersifat teritorial, minimum ukuran tank yg diperlukan utk 1 jantan adalah ukuran 75 gallon. Jumlah BD yg terlalu banyak di satu terarium akan membuta BD menjadi mudah strees, gak mau makan,suka ngumpet dan berantem hingga jari-jari dan kukunya kan putus.
Ukuran vivarium harus seimbang antara tinggi dan lebar, BD bias bergerak sangat cepat saat memanjat ataupun berlari keliling kandang, jadi sebaiknya vivarium memiliki bukaan atas,supaya jangktrik juga tidak mudah loncat keluar kandang. Tempat tinggal BD harus nyaman, dengan ventilasi udara yg bagus, tapi tetap hangat. Bagian atas dari kandang sebaiknya terbuat dari bahan yg berlubang-ubang kecil seperti kawat kasa.Pastikan bagian atas kuat menahan lampu buatan yg biasanya lumayan berat. Sebaiknya di sebuah vivarium terbagi dengan daerah berpasir, batu besar dan kolam, tapi apabila susah bisa diganti dengan alas koran dan karpet. Ranting yg kuat untuk mereka memanjat juga sangat penting, karena BD senang sekali meanjat dan nongkrong sambil berjemur. Jangan sekali-kali menggunakan pasir untuk kucing atau cat litter, serbuk kayu dan potongan batang jagung. Pasir lebih baik dicuci dahulu, supaya bebas bakteri dan kuman.

Bearded dragon memiliki metabolisme tinggi, jadi kandang harus mudah dibersihkan. Kalau menggunkan pasir bisa di sekop tiap kali mereka buang hajat. BD memiliki bau kotoran yg menurut saya loh..paling bau diantara semua jenis kadal kecil. BERSIHKAN KANDANG SECARA MENYELURUH SEBULAN SEKALI, TERMASUK PENCUCIAN DAN PENJEMURAN PASIR! Biasanya 3 bulan sekali pasir diganti, apabila memiliki lebih dari satu BD lebih baik pasir diganti sebulan sekali, kalo pake koran harus di ganti tiap pagi.

Bearded membutuhkan tempat berjemur dan tempat bersembunyi. Idealnya sih, di satu tank bisa memuat dua box utk sembunyi di tiap sisinya (harus jauh dr tempat berjemur), trus jangan lupa tempat utk berjemur/basking lengkap dengan ranting utk memanjat dengan lampu diatasnya (awas jangan terlalu dekat!!, kadal suka keasikan berjemur sampai kulitnya terbakar!!!).

Suhu ideal utk berjemur adalah 33-37C sedangkan daerah yg adem 24C dan tidak lebih dingin dari 21C, hati-hati utk vivarium indoor yg dekat AC. Batu pemanas sangat tidak disarankan, karena banyak kadal yg terbakar kulitnya di batu ini. Pasang termometer di vivarium Bearded Dragon sangat membantu utk mengecek kondisi suhu terarium, satu d sisi hangat dan satu d sisi dingin.

Lampu
Jenis lampu yg dipakai harus DIPERHATIKAN ! Pastikan lampunya memiliki UVB seperti merk: Duro-Test?s Vita-Lite atau Vita-Lite Plus, Zoo Med?s Iguana atau produk yg sama dengan merk lain. Jangan menggunakan lampu utk aquarium/lampu tanaman. Hanya gunakan lampu khusus reptile. Atau cara ter-murah dan meriah adalah di jemur dibawah sinar matahari antara jam 7 pagi sampai jam 9 pagi. Karena bearded dragon termasuk jenis kadal yg SANGAT membutuhkan calsium. Lampu Neon biasa akan membuat BD jadi stress, kehilangan nafsu makan dan bisa berakhir dengan kematian.

Air
Selalu sediakan air bersih, setiap hari. Cek apabila dia buang hajat d air maka harus langsung diganti. Tempat minum jangan terlalu dalam sehingga membuat BD susah utk minum. Jangan menyediakan tempat utk mandi, karena akan membuat mudah terjangkit kutu dan penyakit kulit lainnya. Kalau BD suka mandi semprotkan saja air dengan semprotan tanaman sekali sehari.

Diet

Ukuran makanan tidak lebih dari 2/3 ukuran kepala Bearded Dragon!!! Karena BD tidak bisa memilih, maka dia bisa cedera kalo makan makanan yg terlalu besar (misal: jangkrik, tikus). Makanan BD sbb: jangkrik (sesuai 2/3 ukuran kepala), ulat bambu, ulat tongkong, utk BD dewasa bisa mulai diberikan pinkies (tikus putih usia 1 atau 2 hari). Sayur dan buah juga baik diberikan tidak lebih dari 20% diet Bearded Dragon. Sayuran yg bisa diberikan adalah: selada, kailan, kale, wortel (serut). Buah-buahan terdiri dari: pisang, pepaya, tomat (tanpa biji), jeruk manis.

Kalsium
Selalu berikan kalsium yg cukup, sesuai aturan tiap kemasan dari merk kalsium khusus reptile seperti misalnya produk "Rep-Ca"l. Pastikan pemberian dalam bentuk serbuk yg d campur dengan makanan. Utk jangkrik paling mudah yaitu dengan memasukkan jangkrik ke kantong plastik lalu taburi dengan kalsium lalu kocok sebentar sampai jangkrik seperti dibedaki. Jangkrik kecil lebih banyak mengandung kalsium dan protein. Biasanya pemberian kalsium cukup 2-3 kali seminggu. Untuk baby dragon dan bearded dragon betina hamil asupan kalsium sebaiknya 3-4 kali seminggu.